Dishub Sintang, Kehilangan 6 Titik Lahan Parkir

Lahan_ParkirSintang – Kepala Seksi Stegher dan perparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang Suryadi,ST.MT mengatakan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perparkiran hingga akhir tahun 2013 ini diperkirakan akan tercapai maksimal 70 persen.

Kondisi ini di sebabkan target parkir yang di Bebankan Pemkab Sintang terus meningkat, sebelumnya tahun 2010 Target PAD dari Rp.148 juta dengan realisasi hampir 80 persen, sementara pada tahun 2013 meningkat menjadi Rp.247 juta.

Menurut Suryadi Sampai bulan September 2013 Dishub Kabupaten Sintang baru mampu mencapai 40 persen dari target yang telah di tetapkan pemkab Sintang.

“Kondisi ini di perparah dengan semakin berkurangnya lahan parkir di Kota Sintang, pasca Kebakaran Pasar Inpres saja Dishub kehilangan 6 Titik lahan Parkir belum lagi sejumlah lahan parkir dikota Sintang kuasai PKL.” Kata Suryadi Senin, (7/10/2013) di kediaman pribadinya.

Dishub Mendata ada 56 lahan Parkir potensial di Kota Sintang namun yang berkontribusi hanya 32 titik saja sementara yang aktif hanya 20 Titik, Kontribusi terbesar dari lahan Parkir pasar Junjung Buih dan pasar sayur Sungai Durian.

Kendati Dishub telah mendata banyak lahan Parkir Potensial di Kota Sintang mulai dari Simpang lima hingga Lintas melawi dan sejumlah tempat lainnya namun potensi ini belum dapat dimaksimakan karena masih terjadi penolakan dari beberapa pemilik toko.

“Perlu pendekatan terhadap para pemilik warung atau toko agar mereka dapat melaksanakan Keputusan Bupati, sebab lahan lahan ini sudah memiliki kekuatan hukum melalui SK Bupati Sintang tentang perparkiran.” Kata Suryadi.

Ditambahan Suryadi Dishub Sintang juga akan menggunakan Momentum kepindahan pasar Sayur Sungai Durian ke pasar masuka yang di perkirakan akhir tahun ini untuk menertibkan lahan Parkir, sehingga akan menambah PAD Kabupaten Sintang dari sektor perparkiran. Pungkas Suryadi.